PENGGUNAAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD PLUS AL-FATWA KOTA BANDUNG

SORAYA ULFA, 135060275 (2017) PENGGUNAAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD PLUS AL-FATWA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN A.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Plus Al - Fatwa Kota Bandung. Penggunaan model yang berpusat pada guru menjadikan pembelajaran yang tidak efektif dan kurang melibatkan peran peserta didik didalamnya.Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus.Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus yang telah dilaksanakan. Pada siklus I skor rata - rata aktivitas peserta didik sebesar 63,75 % dengan kategori cukup. Pada siklus II rata - rata aktivitas peserta didik sebesar 72,5%dengan kategori cukup. Dan pada siklus III rata- rata aktivitas peserta didik sebesar 90% dengan kategori bairnk. Pada siklus I rata - rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 72,6 dan posttest sebesar 80,6. Pada siklus II rata- rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 73,3 dan posttest sebesar 90,6. Pada siklus III rata- rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 84,6 dan posttest sebesar 92. Berda sarkan hasil peneli tian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model environmental learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V. Kata Kunci: Model Environmental Learning, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:12
Last Modified: 13 Sep 2017 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

View Item View Item