Citra Anggreini, 135020069 (2017) UPAYA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas XI IPS, Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Soreang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS, mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Soreang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negri 1 Soreang yang berjumlah 100 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan melalui tahapan-tahapan data statistik menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) kelas XI IPS SMA Negri 1 Soreang berada pada kategori baik dengan rata-rata 94,93%. (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Soreang sebesar 96,61% berada pada kategori tinggi. (3) terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data yang menunjukkan terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Soreang sebesar 63,2% kemampuan berpikir kritis peserta didik dipengaruhi oleh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), dan 36,8% ditentukan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Saran Bagi Sekolah perlu memberikan pelatihan kepada guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran. Bagi para praktisi atau peneliti selanjutnya di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan strategi pembelajaran dan metode berbeda. Bagi peserta didik agar kemampuan berpikir kritis meningkat, peserta didik harus lebih semangat belajar dan memahami pelajaran ekonomi. Bagi guru dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas perlu adanya perubahan dalam penggunaan pendekatan atau strategi pembelajaran Kata kunci: Strategi Pembelajaran TTW, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Mata Pelajaran Ekonomi, dst.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29065 |
Actions (login required)
View Item |