“MODEL PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZYDAN RESOURCE-BASE VALUE (RBV) DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA PROVINSI MALUKU UTARA”

AKHMAD SUTONI, NPM : 148030016 (2017) “MODEL PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZYDAN RESOURCE-BASE VALUE (RBV) DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA PROVINSI MALUKU UTARA”. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
01. Cover.docx

Download (77kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.docx

Download (32kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
10. BAB I.docx

Download (488kB)
[img] Text
11. BAB II.docx

Download (136kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.docx

Download (24kB)

Abstract

Dayasaingindustridaerahmerupakankemampuanyang dimilikiolehdaerah (kabupaten/ kota) yang mempunyaikeunggulanstrategisdalamkegiatanindustriuntukpengolahanbahanbakumenjadibarangjadi. Kegiatanpendukung yang terkaitmeliputiaksespotensial, keunikan, danmempunyainilaitambah yang tinggi, yang mendorongterjadinya proses industrialisasipadatahapanpengolahanproduklanjutuntukmeningkatkannilaitambahdandayasaingdaerah.Pengembangandayasaingindustridaerahtidakterlepasdarikerangkapembangunandaerah.Sehingga, tujuanpengembanganProdukUnggulan Daerahdalamhaliniberupapeningkatandayasaingdaerahsejalandengantujuanpembangunandaerahitusendiri, yaitupeningkatankesejahteraanmasyarakat.UntukmembangundayasaingdaerahdiperlukanpenciptaandanpengembanganProdukUnggulan Daerah bagidaerahtersebut.Hal inidiperlukan agar seluruhsumberdayadankemampuan yang dimilikiolehdaerahtersebutdapatterfokuspadaupayauntukmenciptakandayasaingindustri.KabupatenKepulauan Sula memilikisumberdayaalam yang cukupbesar.Namunsampaidengansaatinibelumdapatdikelolasecara optimal karenaselainteknologi yang belummendukung, jugasaranapenunjangekonomibelummemadai.UntukmengembangkanProdukUnggulan Daerah dikabupatenKepulauan Sula makaharusdilakukanasesmen , menentukankriteria-kriteria, danmelakukanstartegiimplementasiProdukUnggulan Daerah.Asesmendilakukandenganmenggunakananalisis data, interview, questioner, danperhitungan LQ.PenentuanProdukUnggulan DaerahdenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy.Analisisrantainilaiberdasarkananalisisaktivitasutama (aspek inbound logistik, operasidan proses produksi, outbound logistik, danaspekpemasarandanpenjualan); analisispendukung(pengembanganteknologi, dananalisisrantaipasok). Analisisstrategipengembanganberdasarkananalisis Gap, SWOT, dananalisis Resource-Based View (RBV).DenganmenggunakanpendekatanmetodeLogikaFuzzy makaProdukUnggulan Daerah terpilihyaituprodukolahanKelapa(Kopra), dengannilaioutput Fuzzy 3,77 (skalaLikert 1-5). Strategipengembangandidasarkanpadafaktoreksternaldanfaktor internal.StrategifaktorEksternaldenganmenggunakananalisis Gap dan SWOT. StrategifaktorInternal (levelkorporasi/ perusahaan) denganmenggunakananalisis RBV. Kata kunci :DayaSaing Industri, Fuzzy, RantaiNilai, Resource-Based View (RBV)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:23
Last Modified: 14 Jul 2017 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item