PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP

Lingga Tri Pertiwi, 148060057 (2017) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ARTIKEL LINGGA.docx

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 Lingga.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Lingga.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 Lingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB 4 Lingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB 5 Lingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya dan masih belum optimalnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini mengkaji mengenai peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis matematis yang memperoleh metode Problem Based Learning dengan metode konvensional dan motivasi belajar siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mixmethhods dengan tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 31 Bandung tahun ajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan adalah 2 kelas dari 8 kelas.Dipilih secara random, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol.Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kreatif, tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar, observasi dan hail wawancara.Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rata-rata adalah Uji t atau Uji Mann Whitney (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penilitian menunjukan bahwa: motivasi belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil wawancara, siswa lebih termotivasi dan senang belajar secara berkelompok. Berbanding terbalik dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, mereka merasa bosan saat belajar dan tidak semangat untuk belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siwa yang pembelajarannya menggunakan metode Problem Based Learning lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan metode konvensional, 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode konvensional, 3) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan berpikir kritis, 4) tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan motivasi belajar, 5) tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar, 6) motivasi belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:33
Last Modified: 01 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28016

Actions (login required)

View Item View Item