ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA LOGO 40 TAHUN PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

DWI PUTRI OKTAPIANA, 132050189 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA LOGO 40 TAHUN PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover.docx

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I Baru.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB II Baru.docx

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Image
20170613_123441.jpg

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA LOGO 40 TAHUN PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)”. Pada tahun 2016 PT. Dirgantara Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 40Th. Logo 40Th merupakan logo yang mempunyai jangka waktu pemakaian yaitu satu tahun setelah selesai masanya. PT. Dirgantara Indonesia setiap tahunnya selalu mengadakan acara perayaan untuk memperingati hari jadi perusahaan, salah satu rutinitas yang selalu dilakukan adalah membuat logo HUT PT. Dirgantara Indonesia, Hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 sebagai reminder dari perusahaan kepada masyarakat bahwa PT. Dirgantara Indonesia masih ada, eksis dan masih berkarya untuk negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana objek, interpretant, dan representamen yang terdapat pada logo 40Th PT. Dirgantara Indonesia. Maka penulis menggunakan analisis semiotika untuk bisa mengetahui makna yang ada di dalam logo tersebut. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif yang mengutamakan pada penelitian yang mendalam, serta menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang mengandung 3 unsur segitiga makna atau triangle meaning yaitu objek, inerpretant dan representamen. Hasil dari penelitain ini kita bisa mengetahui bagaimana objek, interpretan, dan representamen yang ada dalam logo 40Th PT. Dirgantara Indonesia. Setiap objek yang ada dalam logo 40Th memiliki makna tersendiri dan saling berkaitan satu sama lain. Interpretan dalam logo mengembangkan makna yang terkandung dalam objek tersebut, logo 40Th PT. Dirgantara Indonesia berhasil menginterpretasi masyarakat mengenai tanda yang terdapat didalamnya. Sebagian besar mereka mengetahui apa yang menjadi ciri khas dari logo 40Th dan secara keseluruhan PT. Dirgantara Indonesia sudah berhasil mempresentasikan objek yang mengandung makna dalam logo sehingga dapat diterima dengan jelas oleh masyarakat. Saran dari penulis disini untuk pembuat logo 40Th PT. Dirgantara Indonesia dan Humas perusahaan adalah terus semangat dalam mengembangkan citra positif bagi perusahaan dan pelajari lagi ilmu desainnya lebih mendalam agar pembuatan logo selanjutnya bisa lebih bagus, simple dan lebih menarik. Semua yang sudah rutin dilakukan oleh perusahaan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan dan masyarakat dengan melakukan pendekatan melalui perayaan yang di adakan setiap tahun, masyarakat bisa lebih mengenal lagi PT. Dirgantara Indonesia. Saran untuk penulis lainnya ingatlah untuk selalu memahami apa saja yang akan kita kerjakan dan apa yang akan kita teliti agar mudah dalam pengerjaan karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:14
Last Modified: 14 Jun 2017 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item View Item