PENGARUH TERBENTUKNYA FORUM ASEANAPOL DALAM MEMERANGI TRANSNATIONAL CRIME DI ASIA TENGGARA (STUDI KASUS KEAMANAN INDONESIA)

Lisa Eriska, 132030134 (2017) PENGARUH TERBENTUKNYA FORUM ASEANAPOL DALAM MEMERANGI TRANSNATIONAL CRIME DI ASIA TENGGARA (STUDI KASUS KEAMANAN INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.doc

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I & 2.docx

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN BATARI.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berbatasan langsung dnegan negara-negara lain disekitarnya, sehingga Indonesia membutuhkan perhatian khusus dalam bidang keamanan guna menjaga stabilitas dan kemanan nasionalnya. Namun, Indonesia membutuhkan kerjasama dengan negara lain untuk menjaga stabilitas dan keamanan nasionalnya, karena kemanan nasional terpengaruh oleh stabilitas dan keamanan regional. Maka dari itu ASEAN membentuk forum ASEANAPOL yang diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas serta memerangi tindak kejahatan transnasional yang ada di kawasan ASEAN. Penelitian ini disusun untuk mengatahui sejauh mana pengaruh forum ASEANAPOL dalam menjaga stabilitas dan kemanan serta memerangi tindak kejahatan transnasional yang terjadi di kawasan ASEAN. Adapun yang menjadi metode dan pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analitis yang menggambarkan tentang penyelesaian kejahatan transnasional melalui forum ASEANAPOL. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah bahwa kejahatan transnasional menjadi perhatian khusus bagi Indonesia maupun negara lain dikawasan ASEAN. ASEANAPOL dibentuk dengan tujuan dapat mempererat hubungan antar kepolisian nasional ASEAN serta meningkatkan profesionalisme kepolisian, yang berfungsi sebagai ajang saling bertukar informasi antara kepolisian nasional ASEAN. ASEANAPOL juga rutin menggelar konferensi setiap tahunnya yang dilakukan secara bergantian disetiap negara anggota. Dengan adanya hukum atau aturan yang berbeda yang berlaku disetiap negara anggota ASEAN, ASEANAPOL tetap harus menghargai dan menghormati setiap hukum yang berlaku. Tidak dapat dipungkiri, ASEANAPOL tidak dapat berbuat banyak dalam menyelesaikan masalah tindak kejahatan transnasional yang terjadi di ASEAN. ASEANAPOL hanya dapat membawa penyelesaian tindak kejahatan transnasional pada tingkatan forum ASEANAPOL yang berlangsung setiap tahunnya. Kata Kunci : Kejahatan Transnasional, Stabilitas Keamanan, Forum ASEANAPOL.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:39
Last Modified: 13 Jun 2017 05:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27980

Actions (login required)

View Item View Item