KERJASAMA INDONESIA – EUROPEAN UNION COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IKLIM INVESTASI DI INDONESIA

CAHYA IBRAHIM, 132030242 (2017) KERJASAMA INDONESIA – EUROPEAN UNION COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IKLIM INVESTASI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI CI.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Di tengah berbagai tantangan eksternal dan domestik, perekonomian Indonesia mencatat kinerja yang positif. Stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan terjaga sementara. Dalam menjaga kestabilan perekonomian, Indonesia melakukan kerjasama internasional, salah satunya Indonesia dan Uni Eropa meluncurkan perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Perundingan ini dapat membawa dampak signifikan bagi Indonesia, antara lain dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja baru, alih teknologi, serta meningkatkan arus investasi. Comprehensive Economic Partnership Agreement sebuah perjanjian kemitraan ekonomi yang sedang dijajaki oleh pemerintah Indonesia dan Uni Eropa untuk merevitalisasi dan memperkuat hubungan perdagangan dan investasi kedua mitra. CEPA memiliki prinsip umum berupa adanya kerja sama yang bersifat menyeluruh (komprehensif), adanya rasa saling menghormati, adanya semangat yang bersifat membangun, kedaulatan yang setara, serta keuntungan bersama bagi kedua belah pihak. Nilai investasi yang lebih tinggi dan pembentukan perekonomian yang lebih efisien merupakan kondisi yang diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja. Namun dalam kerjasama tersebut terdapat tantangan bagi pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan arus investasi di Indonesia dengan memperbaiki iklim investasi, meningkatkan pembangunan infrastruktur, mempermudah dan memperpendek masa proses perizinan usaha. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa berdasarkan data dan fakta yang ada dan sedang berlangsung, untuk menghasilkan analisis mengenai Implikasi Indonesia – European Union comprehensive economic partnership agreement. Peniliti juga menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, yaitu usaha mencari dan mengumpulkan data serta informasi berdasarkan penelaahan atau referensi, baik yang bersumber dari buku teks, majalah, surat kabar, artikel, internet maupun dokumen laporan tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti. Dengan keseriusan pemerintah Indonesia dan disegerakannya menyelesaikan permasalahan-permasalahan maka Indonesia dapat meningkatkan arus investasi dari luar khususnya Uni Eroupa, dari kerjasama tesebut dan peningkatan arus investasi ke Indonesia akan meningtakan pertumbuhan di berbagai sektor, membuka lapangan pekerjaan, pembangunan infrastruktur, peningkatan modal bagi pemilik usaha-usaha, dan pembagunan sumber-sumber kebutuhan bagi masyarakat Indonesia seperti Pembangkit tenaga listrik dan kerjasama-kerjasama lainnya diberbagai sektor. Kata Kunci: IEU-CEPA, Investasi, Indonesia, Uni Eropa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Jun 2017 05:05
Last Modified: 10 Jun 2017 05:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27861

Actions (login required)

View Item View Item