ANALISIS SEMIOTIKA PERUBAHAN LOGO PADA STASIUN TELEVISI TVRI

Ayu Yuhana, 132050150 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA PERUBAHAN LOGO PADA STASIUN TELEVISI TVRI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover.docx

Download (30kB)
[img] Text
RINGKASAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA1.docx

Download (18kB)
[img] Image
3.jpg

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Perubahan Logo Pada Stasiun Televisi TVRI (Studi Kualitatif Mengenai Analisis Semiotika Perubahan Logo Pada Stasiun Televisi TVRI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos dari analisis semiotika perubahan logo pada stasiun televisi TVRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan analisis semiotika. Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Realitas Sosial Peter L. Berger, dan model semiotika Roland Barthes. Teknik Pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, dan wawancara secara mendalam. Informan dari penelitian ini adalah ahli semiotika, dan sekretaris TVRI. Berdasarkanhasilpenelitian, diperolehgambaranbahwaanalisissemiotikaperubahan logo padastasiuntelevisi TVRI ialahDenotasimerupakansistemsignifikasitingkatpertamasementarakonotasimerupakantingkatkedua.Sebelumnyamaknadenotasi yang merupakanpenandakonotatifpadatingkatkeduatelahditemukan.Dengan kata lainsignifikasitingkatpertamasudahteridentifikasiyangkemuiandilanjutkandenganmengidentifikasipetandakonotatifsehinggatandakonotatifataumaknakonotasidapatditemukan. Padasignifikasitahapkedua yang berhubungandenganisi, tandabekerjamelaluimitos (myth).Mitosadalahbagaimanakebudayaanmenjelaskanataumemahamibeberapaaspektentangrealitasataugejalaalam.Mitosmerupakanprodukkelassosialyangsudahmempunyaisuatudominasi. Setelah melakukan penelitian mengenai Analisis Semiotika Perubahan Logo Pada Stasiun Televisi TVRI ini, peneliti menyarankan agar TVRI selalu mempertahankan nilai-nilai pertelevisian agar terus sanggup menghadapi tantangan dan peluang bisnis di industri pertelevisian Indonesia, sehingga fungsi televisi sebagai sarana informatif, edukatif, rekreatif dan sebagai sarana mensosialisasikan nilai-nilai atau pemahaman-pemahaman baik yang lama maupun yang baru, dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:44
Last Modified: 06 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27622

Actions (login required)

View Item View Item