MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI SISWA SMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF

Erlan Budiawan, NPM : 158060007 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI SISWA SMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.docx

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkanperbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematikdan pengembanganefikasi diri siswa SMApadamaterigeometri, antara siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Konflik Kognitif dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIIAdi SMA Alfa Centauri Bandung. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas XII MIIA. Kelas eksperimen memperoleh strategi pembelajaran KonflikKognitif dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kritis, tes berpikir kreatif, angket efikasidiri, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuanberpikir kritis dan kreatif matematik peserta didik yang memperoleh strategi pembelajaran Konflik Kognitif lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional; (2)pengembangan efikasi dirimatematikpeserta didik yang memperoleh strategi pembelajaran Konflik Kognitif lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional;(3)terdapat hubungan salingmemperkuatsecarapositif antara berpikir kritis dengan berpikir kreatif, antara kemampuan berpikir kritis dengan efikasi diri, serta antara kemampuan berpikir kreatif dengan efikasi diri. Kata kunci: StrategipembelajaranKonflikKognitif, kemampuan berpikir kritismatematik, kemampuan berpikir kreatif matematik danefikasidiri

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 31 May 2017 04:26
Last Modified: 31 May 2017 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item View Item