ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SUSU BEBELAC 3 EDISI KUCING HILANG DI TELEVISI

Yogie Alontari, 132050426 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SUSU BEBELAC 3 EDISI KUCING HILANG DI TELEVISI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1 Cover.docx

Download (40kB)
[img] Text
2 Lembar Pengesahan.docx

Download (14kB)
[img] Text
4 Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
9 BAB 1 Pendahuluan - hal 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
10 BAB 1 Pendahuluan - hal 2-22.docx

Download (67kB)
[img] Text
11 BAB 2 Tinjauan Pustaka - hal 23.docx

Download (16kB)
[img] Text
12 BAB 2 Tinjauan Pustaka - hal 24-87.docx

Download (130kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka - hal 162-163.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Image
DSC_0541.JPG

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SUSU BEBELAC 3 EDISI KUCING HILANG DI TELEVISI”. Iklan merupakan hasil karya yang sangat unik dan menarik, karena menuangkan gagasan dalam bentuk gambar hidup, dan disajikan sebagai hiburan yang layak dinikmati oleh masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih iklan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui Tanda, Objek dan Interpretan pada iklan “Susu Bebelac 3 Edisi Kucing Hilang”, sehingga menghasilkan makna dari iklan tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Dan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Objek penelitian nya adalah iklan televisi “Susu Bebelac 3 Edisi Kucing Hilang” yang akan dibahas bagaimana tanda, objek dan interpretasi yang diberikan oleh iklan tersebut, sehingga menghasilkan makna yang berhubungan dengan kehidupan yang sesungguhnya dimana dari ketiga hal tersebut saling berhubungan. Dalam iklan tersebut terdapat objek yang sangat menonjol yaitu anak-anak, dimana mereka merupakan lambang umat manusia di masa mendatang, sehingga dalam iklan ini terdapat makna yang sangat mendalam mengenai kehidupan manusia dimasa yang akan datang. Untuk selanjutnya, ada beberapa hal yang peneliti sarankan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terlebih untuk masyarakat sebagai pengguna atau konsumen media iklan agar dapat memaknai sebuah iklan bukan hanya dari sisi glamour nya saja atau dari sisi produknya saja, tapi bisa juga melihat dari sudut pandang yang berbeda dari sebuah iklan. Sehingga selain informasi tentang produknya, kita juga sebagai penikmat iklan bisa mengetahui sisi pesan moral yang terdapat dalam iklan tersebut. Dan juga diharapkan kita sebaiknya tidak menjadi penonton yang pasif menerima apa saja yang disuguhkan oleh iklan kepada kita, tetapi bersikap lebih kritis dan menilai pesan yang sebenarnya yang ingin disampaikan produsen produk iklan tersebut, sehingga kita tidak mudah terprovokasi dan terpengaruh oleh sebuah iklan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 May 2017 02:21
Last Modified: 31 May 2017 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item