KAJIAN IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DALAM KONTEKS PELESTARIAN BUDAYA (Studi Kasus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat)

NANANG KOSWARA, NPM. 109113002 (2013) KAJIAN IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN DALAM KONTEKS PELESTARIAN BUDAYA (Studi Kasus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
1 Kaper.doc

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK ind_ing.docx

Download (19kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)

Abstract

Nanang Koswara. Kajian Implementasi Strategi Manajemen Dalam Konteks Pelestarian Budaya (Studi Kasus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat). Di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp.,M.Si.,M.Kom (sebagai Promotor) dan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, S.E., M.Si (sebagai Co. Promotor). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memberikan masukan dalam implementasi strategi manajemen yang meliputi program, anggaran dan prosedur : 1). untuk mengkaji dan menganalisis penyusunan dan pelaksanaan program dalam pelestarian budaya; 2). Untuk mengkaji dan menganalisis penyusunan dan pelaksanaan anggaran yang sudah ditetapkan oleh Keputusan Gubernur Jawa Barat; 3). Untuk mengkaji dan menganalisis prosedur antara disparbud bidang kebudayaan dengan kabupaten/kota, komunitas budaya dan stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan. Disertasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen, terutama manajemen strategi, sebagai kerangka acuan implementasi strategi manajemen di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam Pelestarian Budaya, serta manajemen pemasaran pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan single case study. Ada 8 (delapan) Informan kunci yang ditetapkan dengan kriteria 4 (empat) Informan kunci komunitas budaya sebagai eksternal, 4 (empat) Informan kunci pengelola budaya sebagai internal yang telah ditentukan sebelumnya. Dari hasil pengumpulan dan analisis data dan informasi dapat diketahui bahwa : 1). Sebagai Pedoman dan dasar dalam penyusunan dan pelaksanaan program yang menuju pada pelestarian budaya, disparbud telah melaksanakan sesuai dengan harapan masyarakat sebagai pijakan penyusunan dan pelaksanaan program, namun karena banyaknya garapan budaya dan harapan masyarakat serta regulasi yang sangat mengikat maka disparbud belum dapat memfasilitasi dan melaksanakan dengan optimal. 2). Cara penyusunan dan pelaksanaan anggaran yang sudah ditetapkan oleh Keputusan Gubernur Jawa Barat, tetap dijadikan dasar dalam penetapan anggaran, karena dalam penetapan anggaran tidak sepenuhnya kewenangan disparbud, namun agar lebih optimal kepgub tersebut terpisah khusus kepgub anggaran pengelolaan kebudayaan 3). Prosedur yang dilakukan antara disparbud bidang kebudayaan dengan kabupaten/kota, komunitas budaya dan stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan sebagian harapan masyarakat komunitas budaya. Kata kunci : Manajemen Strategi, Implementasi Strategi, dan Pelestarian Budaya

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2013
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 06 May 2017 03:17
Last Modified: 06 May 2017 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27251

Actions (login required)

View Item View Item