PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR (StudipadaSekolahDasarGugusJamali V KabupatenCianjur)

AN AN NURHASANAH, NPM : 138020153 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI SISWA SEKOLAH DASAR (StudipadaSekolahDasarGugusJamali V KabupatenCianjur). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
COVER I.docx

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, kata pengantar.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)

Abstract

Ujung tombak dalam pembangunan Pendidikan Nasional adalah guru, karena tugas guru sangat erat kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan. Berhasil atau tidaknya pendidikan sangat ditentukan oleh faktor guru selain faktor-faktor yang lainnya. Penelitian ini dilakukan di GugusJamaliV yang dilatarbelakangi hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa Prestasi Siswa di GugusJamali V belum mencapaitarget yang diharapkan. Berangkat dari latar belakang tersebut, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana pengaruh kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di GugusJamali V, Bagaimana pengaruh kinerja guru terhadap prestasi siswa di GugusJamali V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dengan jumlah populasi 59 orang, dan seluruhnya dijadikan sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi untuk mengetahui derajat keeratan hubungan antar variabel penelitian dan teknik analisis jalur untuk mengetahui pengaruh baik langsung maupun tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat.Dalam proses pengolahan data digunakan bantuan software SPSS 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru mempunyai pengaruh langsung sebesar 5%, pengaruh tidak langsung kepemimpinan melalui komunikasi interpersonal sebesar 10,4%, sedangkan pengaruh totalnya sebesar 15,4%. Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru mempunyai pengaruh langsung sebesar 44,5%, pengaruh tidak langsung komunikasi interpersonal melalui kepemimpinan sebesar 10,4 % sedangkan pengaruh totalnya sebesar 54,9 %. Pengaruh langsung dan tidak langsung variabel kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar70,3% dengan efek faktor lain yang tidak diteliti terhadap kinerja guru ditunjukkan oleh nilai 1 = 0,882 atau sebesar 88,2%. Pengaruh kinerja guru terhadap prestasi siswa sebesar 56,8% dengan faktor lain yang tidak diteliti terhadap prestasi siswa ditunjukkan dengan nilai 2 = 0,823 atau sebesar 82,3 %. Kata kunci : Kepemimpinan, Komunikasi Interpersonal, Kinerja Guru, dan Prestasi Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:53
Last Modified: 14 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27027

Actions (login required)

View Item View Item