PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SDN Cibodas 02 Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung)

CEPI ALAMSYAH, 125060270 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SDN Cibodas 02 Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAKS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 aBSTRAKS ing.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAKS SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I .pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
18. BAB III cpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
19. BAB IV Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
20.BAB V Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. DAFTAR PUSTAKA Fiks.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Prablem Based learning (PBL) pada pembelajaran IPS materi Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Setempat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cibodas 02 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan kerjasamanya didalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 6 fase, yaitu: stimulus ransangan, mengorganisasikan dalam kelompok belajar, menyajikan informasi, membimbing kerja kelompok dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Penialaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 59,15 (43,33%), sedangkan siklus II mencapai 73,35 (76,66%). Hasil belajar siklus I yaitu 69,83 (53,33%), dan hasil belajar pda siklus II yaitu 74,66 (86,66%). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat di kelas IV SDN Cibodas 02. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Problem Based Learning, kerjasama, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:00
Last Modified: 31 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15593

Actions (login required)

View Item View Item