PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA SUBTEMA AKU MERAWAT TUBUHKU ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SDN Cibeureum Mandiri 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 Kota Cimahi )

Fera Chintia Sugandi, 125060061 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA SUBTEMA AKU MERAWAT TUBUHKU ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SDN Cibeureum Mandiri 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 Kota Cimahi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
judul skripsi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda fera.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absteak fera.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris fera.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibereum Mandiri 1 dengan subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas 1. penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan yaitu kurangnya tanggung jawab siswa untuk mengutarakan pendapat serta hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan model STAD pada Subtema Aku Merwat Tubuhku. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Hasil belajar Afektif siklus I yaitu 65% kategori baik dan siklus II 81%. Penilaian Kognitif pada siklus I yaitu 61% dan siklus II 85%. Penilaian Psikomotor pada siklus I yaitu 73% dan siklus II 100%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model STAD adalah siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengondisikan siswa dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Cibeureum Mandiri 1 pada Subtema Aku Merawat Tubuhku. Kata kunci: Model STAD, tanggung jawab siswa, hasil belajar siswa, hambatan dan upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:36
Last Modified: 30 Jan 2017 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item