PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tegallega Tahun ajaran 2016/2017)

Mutia Silfa Novriani, 125060074 (2017) PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tegallega Tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indo.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Sunda.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tegallega pada subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka dengan menggunakan model Examples Non Examples. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktivan siswa di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Examples Non Examples berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase aktivitas belajar pada siklus I 67,3% dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 56,03% meningkat menjadi 89,5% pada siklus II. Adapun hambatan dalam menerapkan model Examples Non Examples adalah tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru harus mampu memaksimalkan penggunaan gambar dalam pembelajaran serta dapat mengefektifkan dan mengefesienkan penggunaan waktu dengan baik. Dengan demikian, penggunaan model Examples Non Examples dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya. Penggunaan model Examples Non Examples terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci: Examples Non Examples, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:08
Last Modified: 30 Jan 2017 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item