MODEL ADVOKASI SOSIALDALAM PEMENUHAN HAK IDENTITAS ANAK(STUDI AKSESIBILITAS PENDIDIKAN ANAK YANG TINGGAL DI LKSA AL-QOMARIYAH)

Ipah Rosipah, 112020025 (2017) MODEL ADVOKASI SOSIALDALAM PEMENUHAN HAK IDENTITAS ANAK(STUDI AKSESIBILITAS PENDIDIKAN ANAK YANG TINGGAL DI LKSA AL-QOMARIYAH). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover.docx

Download (23kB)
[img] Text
4. BAB 1.docx

Download (106kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (96kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
1. Cover, Lembar pengesahan, Pernyataan.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)

Abstract

Setiapanakberhakdiberikebebasannyauntukdapatmenempuhpendidikan formal tanpahambatanapapundantelahdijaminolehundang-undangbesertapemerintah. Namun, halinimasihbelum optimal dirasakanolehanak-anak yang tinggal di lembagakesejahteraansosialanak (LKSA)untukmendapatkanhaknyasecarapenuh. Hambatanmengenaipendidikaninitelahmemunculkanupayaadvokasi yang dilakukanolehpenelitibersamapengurus LKSA Al-Qomariyah agarmendorongterciptanyaperubahansosialdalamhalkebijakanyakniperaturanwalikota yang pengaruhnyabersifatlokal. Hasilpenelitianinimenjawabtigapertanyaanpenelitian, meliputi (1) hakidentitasanak (2) proses advokasisosialdan(3) model advokasisosialdalampemenuhanhakidentitasanak. Metodologi yang digunakanadalahpenelitianiniadalahkualitatifaction research. Model penelitianinimembuatpenelitibersamapengurus LKSA bersama-samabergerakaktifuntukmelakukanadvokasidenganelemenpemerintahdanpihak yang berwenangdalamperubahanregulasisertaimplementasi di lapangan. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwahakidentitasterbagidalam lima kategori, yaitu(1) Hakanakuntukmendapatkanaksesibilitaspendidikan, (2) Hakanakuntukmendapatkan SKTM, (3) Hakanak LKSA untukmendapatkanpendidikan gratis, (4)Hakanakuntukmendapatkan KIP, (5) Dampakketikahakidentitastidakterpenuhi. Sedangkanhasilpenelitian yang berkaitandengan prosesadvokasisosialterbagimenjadidelapankategori, yaitu(1) Analisisismakro, (2) Penentuantujuanadvokasi, (3) Definisimasalahdanmembingkaiisu (4) Identifikasidananalisisstakeholder, (5) Pelaksanaanstrategidantaktik (6) Membuatperjanjian (7) kendaladalamadvokasi (8) Evaluasiadvokasi. Sementaraitu, hasilpenelitianmenunjukanbahwa model advokasisosialterbagimenjadi lima kategori, yaitu(1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4)Evaluasidan(5) refleksi. Kata kunci :Hakidentitasanak, hakpendidikananak LKSA, advokasisosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:14
Last Modified: 18 Jan 2017 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item