PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Dinas Pengenlolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Nanra Rachman, 114020305 and Pembimbing I, Taty Sariwulan., SE., MSi., AK., CA (2016) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Dinas Pengenlolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

iv ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia, dan Pengendalian Intern terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (2) Untuk mengetahui kapasitas sumber daya manusia pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (3) Untuk mengetahui pengendalian intern pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (4) Untuk mengetahui keterandalan pelaporan keuangan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (5) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (6) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap keterandalan pelaporan keuangan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, (7) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengendalian intern terhadap keterandalan pelaporan keuangan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sample jenuh atau sensus. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai bidang akuntansi di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung. Sampel penelitian yang digunakan adalah 20 pegawai dengan sumber data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informassi terhadap keterandalan pelaporan keuangan. Besarnya pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan sebesar 65,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 34,1% merupakan faktor lain di luar variabel independen yang diteliti yaitu pengawasan keuangan daerah, (2) Terdapat pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap keterandalan pelaporan keuangan. Besarnya pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan pelaporan keuangan sebesar 66,5%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 33,5% merupakan faktor lain di luar variabel independen yang diteliti yaitu pengawasan keuangan daerah, (3) Terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informassi terhadap keterandalan pelaporan v keuangan. Besarnya pengaruh pengendalian intern terhadap keterandalan pelaporan keuangan sebesar 61%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 39% merupakan faktor lain di luar variabel independen yang diteliti yaitu pengawasan keuangan daerah. Kata Kunci: Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern, Keterandalan Pelaporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:02
Last Modified: 04 Dec 2017 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item