PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tarikolot Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang)

AI ROSTIKA ANYALINTANG, 085060067 (2016) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tarikolot Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. cover skripsi.docx

Download (38kB)
[img] Text
2 lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
3 MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
6 kata pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
7 daftar isi ai.docx

Download (22kB)
[img] Text
9 skripsi ai bab 1,2,3.docx

Download (91kB)
[img] Text
10 BAB IV ai.docx
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
11 BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
14 RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan konsep benda dan sifatnya di kelas V SDN Tarikolot dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya partisipasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada prestasi hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan lembar aktivitas siswa. Teknik tes untuk mengetahui prestasi hasil belajar siswa, dan lembar aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas aktif belajar siswa. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi siswa dan guru dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal sampai siklus II, yaitu pada data awal 56,1, siklus I 74,2, siklus II 85,9,. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran discovery learning sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan konsep benda dan sifatnya di kelas V sekolah dasar. Hal ini disebabkan dalam penerapan metode pembelajaran discovery learning, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dapat mengembangkan keterampilan sosial. Kata kunci: Metode Discovery Learning dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 04:42
Last Modified: 05 Nov 2016 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14015

Actions (login required)

View Item View Item