PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA KELOMPOK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas tentang Membaca peta lingkungan setempat kabupaten/kota, provinsi dengan menggunakan skala sederhana di Kelas IV SD Negeri Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung)

CENI FEBRYANI, 085060074 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA KELOMPOK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas tentang Membaca peta lingkungan setempat kabupaten/kota, provinsi dengan menggunakan skala sederhana di Kelas IV SD Negeri Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHA1 SIDANG.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
moto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III baruu.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Kelompok Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS”, dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu kemampuan kerja kelompok peserta didik pada mata pelajaran IPS yag masih tergolong rendah dan nilai harian kerja kelompok peserta didik yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan karena guru masih menggunakan metode secara konvensional atau metode ceramah. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukka bahwa pada siklus I peserta didik berhasl meraih persentase keruntasan sebesar 46,42% . pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 60,71%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 82,14%. Hal itu dikarenakan pada pembelajaran model Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan pendekatan belajar peserta didik aktif, yang dapat merangsang meningkatnya kualitas kemampuan kerja kelompok. peserta didik yang terlibat aktif dalam kelompok akan mampu mengembangkan kemampuan diri dalam kelompok serta dapat memecahkan masalah secara bersama-sama. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kemampuan kerja kelompok peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dengan demikian penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: model Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together), Meningkatkan Kemampuan Kerja Kelompok, IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2016 17:18
Last Modified: 04 Nov 2016 17:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item