NITA DEWI OKTAVIANI, 085060157 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Purwamekar Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (67kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya di kelas IV pada materi menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas IV SDN Purwamekar yang menggambarkan hasil prestasi belajar yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian ini mencakup tiga rumusan masalah, yaitu: 1) mampukah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan menulis karangan sederhana, 2) mampukah siswa kelas IV SDN Purwamekar menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar, 3) efektifkah media gambar digunakan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis karangan sederhana pada siswa kelas IV SDN Purwamekar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Purwamekar yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpul data berupa soal tes menulis karangan sederhana dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung hasil tes penelitian berupa keterampilan menulis karangan sederhana. Hasil perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh tingkat keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Purwamekar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Purwamekar termasuk kualifikasi sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai siswa persiklus, antara lain: siklus I hasil kualifikasi siswa yang tergolong baik sebanyak 75 % dan siklus II hasil kualifikasi sangat baik sebanyak 90 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 15:00 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 15:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13997 |
Actions (login required)
View Item |