RINA ANGGRAENI, 085060005 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SUMBER ENERGI, PERUBAHAN ENERGI DAN PEMAMFAATANNYA ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Tema Selalu Berhemat Energi, Subtema II Pemamfaatan Energi Pembelajaran 1 Di Kelas IV SDN Panghegar Kecamatan Panyileukan, Bandung Ajaran 2014/2015 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
RINA COVER.docx Download (32kB) |
|
Text
RINA LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
RINA PERNYATAAN .docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
RINA ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
rina abstrak b.inggris.docx Download (11kB) |
|
Text
RINA KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
RINA DAFTAR ISI.docx Download (29kB) |
|
Text
RINA BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
RINA BAB II.docx Download (68kB) |
|
Text
RINA BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
RINA BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
RINA BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
rina daftar pustaka.docx Download (19kB) |
|
Text
RINA RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Sumber Energi, Perubahan Energi dan Pemamfaatannya Di Kelas IV SDN Panghegar Kecamatan Panyileukan, Bandung”. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran yang dikarenakan metode yang masi menggunakan metode ceramah, kurangnya kesiapan guru dan pemahaman konsep belajar siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik berhasil meraih ketuntasan 47,5%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil posttest pada siklus I mengalami peningkatan presentase ketuntasan sebesar 92,5%. Hal itu dikarenakan pada model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan scientific, sehingga dalam pembelajaran siswa yang aktif sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahawa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang sumber eergi, perubahan energi, dan pemamfaatannya di kelas IV. Dengan demikian pengunaan model discovery learning dapat menjadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran I dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam pembelajaran tematik dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata Kunci : Pembelajaran tematik, model discovery learning, meningkatkan pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 18:10 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 18:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13983 |
Actions (login required)
View Item |