PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Semester I Tahun Ajaran 2013 SDN Bhakti Winaya I Banjaran )

Lili Rismawanti, 095060033 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Semester I Tahun Ajaran 2013 SDN Bhakti Winaya I Banjaran ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.docx

Download (13kB)
[img] Text
motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR !!.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR Isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II baru.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III lily.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAPTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SDN Bhakti Winaya 1 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah siswa 59 orang penelitian ini di dasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang bermakana. Berdasarkan observasi awal yang di lakasanakan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar tidak sesuai dengan yang di terapka n. Faktor lain yang runtut menyambung kondisi ini adalah kemampuan propesional guru yang masih kurang, misalnya penggunan media dan alat peraga, dan kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Faktor laian adalah cara mengajar guru yang masih monoton, kurang inovatif dan variatif dalam menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa mudah menjadi bosan dan tidak termotivasi, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis ini dalahan data sikus I dan data siklus II maka di peroleh kesimpulan sebagai berikut nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan , nilai aktivitas konstruktivisme siklus I rata-rata 3,18 aktivitas ini di lakukan hanya satu siklus karena sudah mencapai tolak ukur minimal,. Pada aktivitas inquiry siklus I rata-rata 2,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,16. Pada aktivitas bertanya siklus I rata-rata2,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,00. Pada aktivitas masyrakat belajar siklus I rata-rata 2,10 dan pada siklus II meningkat menjadi 2,81. Pada aktivitas refleksi siklus I rata-rata 2,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,15. Adanya peningkatan siswa juga di serta peningkatan hasil belajar dengan analisis data pra siklus dengan nilai rata-rata 31,10 dengan hasil persentase siswa yang tuntas 37% dan siswa yang tidak tuntas 63%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi rata-rata nilai 60,85 dengan hasil persentase siswa yang tuntas menjadi 43% dan siswa yang tidak tuntas 57% karena masih belumencapai target KKM yang di tentukan maka di lanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata 70,90 dengan persentasesiswa yang tuntas 100% dan siswa yang tidak tuntas 0% sehingga pada siklua II di nyatakan berhasil dan sikluspun di hentikan. Kata Kunci : Penerepan Pendekatan CTL, Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Siswa, Pelajaran IPS Dan Materi kegiatan Ekonomi Di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2016 17:11
Last Modified: 29 Oct 2016 17:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item