NINA SITI NURHASANAH, 075060037 (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL, SOSIAL DAN FISIK SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Terhadap Siswa Kelas IV SDN Cilaku Sumedang pada Mata Pelajaran IPA dengan Materi Perpindahan Energi Panas melalui Pendekatan Pembelajaran Keterampilan Proses). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (66kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN nina.doc Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.doc Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.doc Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR nin.doc Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR IS1 nina.doc Download (57kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (112kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
BAB IV nina 1.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB IV nina.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB Vnina.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Intelektual, Sosial dan Fisik Siswa melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar”. Hal tersebut dilatar belakangi dengan masih lemahnya keterampilan intelektual, sosial dan fisik siswa pada pembelejaran IPA pada materi perpindahan panas. Penerapan Pendekatan Keterampilan proses pada pembelajaran IPA bertujuan untuk meningkatkan keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa, dengan rumusan masalah ”Apakah penggunaan pendekatan keterampilan Proses dapat meningkatkan keterampilan intelektual, sosial dan fisik siswa?” Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar kegiatan proses pembelajaran keterampilan proses, lembar penilaian aktivitas siswa dalam pembelajaran, lembar penilaian aktivitas siswa dalam kelompok, lembar wawancara peneliti dengan observer, lembar tes. Dimana subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cilaku. Sedangkan analisis data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan analisis skor. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan proses pembelajaran, hal ini terbukti siswa aktif dalam melakukan percobaan perpindahan energi panas sehingga pada keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa meningkat pula, ini terbukti dengan siswa mampu menentukan langkah-langkah terjadinya proses perpindahan panas secara konduksi. Dengan demikian, pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa. Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Keterampilan Intelektual, Sosial dan Fisik Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 13:00 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 13:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13918 |
Actions (login required)
View Item |