EKA NURUL DESTIKA, 085060002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN BOJONGKONENG III MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Bojongkoneng III Kec. Cimenyan Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (41kB) |
|
Text
pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan dalam mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk tulisan. Salah satu kegiatan menulis adalah menulis puisi. Pembelajaran menulis puisi tercantum di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) akan menjadi suatu pembelajaran yang efektif apabila didukung dengan metode pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah peneliti melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar ? 2) Meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Bojongkoneng III menulis puisi dengan menggunkan media gambar ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam menerapkan media gambar dalam pembelajaran puisi pada siswa kelas V SDN Bojongkoneng III dan mengetahui peningkatan siswa kelas V SDN Bojongkoneng III dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Peneliti mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan penggunaan media gambar pada siswa kelas V SDN Bojongkoneng III. 2) Siswa kelas V SDN Bojongkoneng III mampu menulis puisi dengan penggunaan media gambar. 3) Penggunaan media gambar meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi Metode penelitian yang penulis gunakan adalah PTK dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, video. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, dalam satu siklus dilakukan satu tindakan. Adapun kesimpulan penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran cerita rakyat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN Bojongkoneng. Terbukti nilai pada siklus I sebesar 50%, dan pada siklus II 87%. 2) Siswa kelas V SDN Bojongkoneng III Kab.Bandung, mampu mempelajari menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Terbukti dri nialai rata-rata pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 6,5 dan pada siklus II siswa mendapatkan rata-rata 7,2 3) Dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis puisi terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik segi kognitif maupun segi afektif yakni aktivitas kerja siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 19:06 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 19:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13910 |
Actions (login required)
View Item |