MOMON IMANUDIN, 085060183 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V Penelitian Tindakan Kelas pada Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Keanekaragaman Budaya di Indonesia dengan Penggunaaan Media Gambar di SD Negeri Manoko Cikahuripan Kec. Cikahuripan Kab. Lembang Bandung Barat. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (46kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
REVISI BAB I BU AAS.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II BU AAS.docx Download (3MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
DATA PRIBADI.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
Abstract
Belajar merupakan sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu bertanda orang belajar adalah perubahan tingkah laku pada dirinya. Adapun pada tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Berdasarkan analisis dari hasil wawancara, di Sekolah SD Negeri Manoko Desa Cikahuripan nilai rata-rata pada mata pelajaran IPS belum maksimal sehingga dak mencapai nilai yang sudah di tentukan pada KKM. Pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti mengambil materi Keanekaragaman Budaya di Indonesia dengan menerapkan penggunaan media gambar sebagai alat bantu belajar sebagai alternatif dalam proses belajar pembelajaran dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Objeknya adalah siswa kelas V SD Negeri Manoko dengan jumlah siswa 27 yang terbagi ke dalam 13 laki-laki dan 14 perempuan, adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil kerja kelompok, lembar tes hasil evaluasi belajar. Pengolahan dan pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, lembar instrumen, hasil wawancara, dan observasi aktivitas belajar peserta didik. Selanjutnya dalam pelaksanaan proses pembelajarannya peneliti menggunakan tiga siklus seriap siklusnya peneliti mencatat hasil yang telah dilakukan dilapangan. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar tercatat bahwa nilai prestasi belajar peserta didik pada siklusnya ada peningkatan terlihat dari hasil kerja kelompok pada tahapan siklus I tercatat rata-rata 51 dari 6 soal, pada siklus dengan rata-rata II 64 dari 7 soal dan pada siklus III rata-rata 48 dari 5 soal. Dan pada hasil evaluasi belajar individu tercatat hasil dengan rata-rata pada siklus I 5,88, siklus II 7,48 dan siklus III 8,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS dengan pokok materi keanekaragamn budaya di Indonesia dapat meningktkan hasil prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 17:23 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 17:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13905 |
Actions (login required)
View Item |