UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENERAPKAN METODE PETA KONSEP (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cijerah 6 Bandung)

DEASY RAHMAWATI, 105060340 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENERAPKAN METODE PETA KONSEP (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cijerah 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. cover dkk.docx

Download (39kB)
[img] Text
2. Bagian awal skripsi.docx

Download (38kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (135kB)
[img] Text
5. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
7. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA&lampiran.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran foto&riwayat hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki tujuan utama mengembangkan “civic competences”, yakni civic knowledge, civic dispositions, dan civic skills yang seyogianya dikuasai oleh setiap individu warga negara. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah rendahnya hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SDN Cijerah 6 pada pokok bahasan sistem pemerintahan pusat. Data awal hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SDN Cijerah 6 pada materi sistem pemerintahan pusat menunjukkan hasil yang rendah yaitu 13,79% yang mencapai KKM 70. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan metode peta konsep pada materi sistem pemerintahan pusat dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini dilaksanakan pada di kelas IV A SDN Cijerah 6 Kota Bandung, dengan jumlah peserta didik di kelas IV A sebanyak 28 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, pada setiap siklus dilakukan satu kali tindakan yang terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain : perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, pengamatan/analisis data dan refleksi. Hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan instrumen penilaian kognitif produk yang terdiri dari pretes dan postes. Standar penilaian didasarkan pada pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SDN Cijerah 6 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada pretes siklus I belum ada peserta didik yang tuntas mencapai KKM 70. Sedangkan pada postes siklus I, sebanyak 9 peserta didik telah tuntas dengan persentase 32%. Pada pretes siklus II, sebanyak 3 peserta didik tuntas mencapai KKM 70 dengan presentase 11%. Sedangkan pada postes siklus II, sebanyak 17 peserta didik tuntas mencapai KKM 70 dengan persentase 61%. Pada pretes siklus III, sebanyak 14 peserta didik tuntas mencapai KKM 70 dengan persentase 50%. Sedangkan pada postes siklus III, sebanyak 23 peserta didik tuntas mencapai KKM 70 dengan persentase 82%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Cijerah 6 Kota Bandung. Kata Kunci : Hasil Belajar, PKn, Peta Konsep, Sistem Pemerintahan Pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 14:53
Last Modified: 26 Oct 2016 14:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item