Nanis Regina Choerunnisa, 075060003 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RANGKA MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (PTK Pada Siswa Kelas IV SDN Rajagaluh II Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover dan lembar pengesahan.docx Download (44kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (324kB) |
|
Text
BAB III asli.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Kemampuan siswa kelas IV SDN Rajagaluh II Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka dalam memahami konsep rangka manusia belum mencapai hasil belajar yang ingin dicapai. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan tindakan dengan menerapkan model Discovery Learning dengan menggunakan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah perencanaan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep rangka manusia di kelas IV SD Negeri Rajagaluh II Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep rangka manusia di kelas IV SD Negeri Rajagaluh II Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka 3) mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep belajar siswa setelah menerapkan model Discovery Learning yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri II Rajagaluh Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka 4) mengetahui pada siklus ke berapa tingkat pemahaman siswa dalam mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dapat tercapai sesuai KKM. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain penelitian yang digunakan yaitu model spiral Hopkins yang terdiri dari tiga siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rajagaluh II Majalengka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar berupa soal dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian. Sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan menggunakan media Puzzle dilaksanakan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman guru dalam pembelajaran. 2) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan rangka manusia di kelas IV SD Negeri Rajagaluh II Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka setelah menerapkan model Discovery Learning mengalami peningkatan. 3) Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Discovery Learning pemahaman siswa dalam menerapkan konsep rangka manusia mengalami peningkatan. 4) Pemahaman konsep rangka manusia dapat tercapai sesuai KKM pada siklus III. Dari hasil penelitian pada siklus I hanya 6 dari 37 siswa yang tuntas dalam pembelajaran, siklus II hanya 15 dari 37 siswa yang tuntas, dan pada siklus III terdapat 30 siswa yang tuntas (81% dari jumlah siswa). Kata Kunci: Discovery Learning, media puzzle, Rangka Manusia, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 15:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 15:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13890 |
Actions (login required)
View Item |