PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG PADA SISWA KELAS V SDN KARANG ASIH 03 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Meyliana Eka Ayu Hijriyah Asistajima, 085060148 (2016) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG PADA SISWA KELAS V SDN KARANG ASIH 03 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
i Halaman Judul.docx

Download (36kB)
[img] Text
ii Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
iii Lembar Penyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
iv Lembar Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
v Kata Pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
vi Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
vii Daftar Isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
xii BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
xiiiBAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
xiv BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
xv BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
xvi BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
xvii Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
xviii Riwayat Penulis.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dialog Pada Siswa Kelas V SDN Karang Asih 03 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2012/2012”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil perolehan nilai menulis siswa yang relatif masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran menulis dialog dengan menggunakan teknk permainan bahasa dapat meningkatkan hasil belajar menulis dialog pada siswa kelas V SDN Karang Asih 03 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2012/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis dialog pada siswa kelas V SDN Karang Asih 03 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan teknik permainan bahasa. Selain itu, manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan pembelajaran menulis dialog dan meningkatkan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sehingga hasil pembelajaran menulis dialog siswa dapat ditingkatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Karang Asih 03 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2012/2012 yang berjumlah 42 orang. Data yang diperoleh menggunakan instrumen lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar penilaian RPP, dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Prosedur penelitian yang dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama 3 siklus, yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Dari hasil penelitian ini, kegiatan perencanaan dilakukan setelah melakukan kegiatan refleksi pada setiap siklusnya. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan setiap siklus, meliputi kegiatan yang dilakukan guru dan siswa dalam setiap pembelajarannya. Kemampuan siswa secara umum mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Peningkatan itu terjadi bertahap. Dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari siklus I yaitu 44,6 dengan nilai tertinggi 70 dan terendah 20. Pada siklus II rata-rata pun meningkat yaitu 55,6 denga nilai tertinggi 76,6 dan terendah 43,3. Peningkatan terjadi pada siklus III yaitu rata-rata 66,9 dengan nilai tertinggi 86,6 dan terendah 46,6. Keimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan yang cukup baik. Hasil pembelajaran dengan menggunakan teknik permainan bahasa ini dapat dituangkan dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog dengan rambu-rambu bahwa guru harus mampu membuat rencana pembelajaran yang sistematis yang mengintegrasikan seluruh komponen-komponen dan unsur-unsur bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 14:48
Last Modified: 25 Oct 2016 14:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item