PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sejahtera IV Bandung)

AHMAD SUBKI FELAYATI, 085060128 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sejahtera IV Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (690kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lembar Dedikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran SD yang tidak hanya dapat disajikan dalam bentuk verbal, teoritis serta satu arah. Dibutuhkan kegiatan belajar praktek dimana peserta didik dapat mencari, membuktikan dan mengalaminya sendiri. Kegiatannya pun akan menjadi lebih baik apabila dilakukan dalam bentuk kelompok belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran IPA masih bersifat satu arah (teacher centered) dan tidak menerapkan pembelajaran kelompok, sehingga pembelajaran berlangsung tidak menarik dan membosankan. Group investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi dan aktifitas peserta didik untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan objek penelitian kelas IV SDN Sejahtera IV Bandung. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tanggal 19 Juni 2012 sampai dengan 4 Agustus 2012. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam materi perubahan wujud zat. Target penelitian dikatakan berhasil apabila 50% dari jumlah peserta didik mendapat nilai di atas KKM yaitu 60. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melampaui target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 61,47 dengan persentase peserta didik yang lulus sebesar 52,94%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas maupun persentase ketuntasan peserta didik mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas menjadi 79,85 dan persentase ketuntasan peserta didik menjadi 82,35%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi perubahan wujud zat. Kata kunci: model pembelajaran, group investigation, pemahaman, IPA, perubahan wujud zat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 12:50
Last Modified: 25 Oct 2016 12:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item