MARATUN SOLIHAH, 085060137 (2016) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Konsep Kebudayaan Daerah di Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER BAB.docx Download (64kB) |
|
Text
lembar pegesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
ABstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
Daftar Pustaka PRINT.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memperbaiki prestasi belajar siswa SD kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan materi kebudayanan daerah di Indonesia dengan menerapkan modek pembelajaran cooperatove learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Banjaran Kabupaten Majalengka dan peneliti menemukan fakta yang menggambarkan prestasi siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus PTK yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Dalam setiap pembelajaran, peneliti menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang terdiri dari pembentukan kelompok asa, kemudian dibentuk kelompok ahli untuk mendiskusikan materi yang akan dibahas yaitu materi kebudayaan daerah Indonesia seperti, rumah adat, lagu daerah, tarian daerah, suku bangsa, pakaian adat dan bahasa daerah. Instrumen yang digunakan dalam peneltian inir adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar siswa, pada siklus 1, siswa memperoleh rata-rata nilai 46,5. Pada siklus 2, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 56,8 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 66,5. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan materi kebudayaan Indonesia dapat meningkat setelah melaksanakan pembelajaran penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Kata Kunci : Model Pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, peningkatan prestasi belajar, Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 15:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 15:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13870 |
Actions (login required)
View Item |