PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK MATERI SIFAT BENDA MELALUI OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEKNIK DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDI/MI Al-Muawanah Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2012/2013)

Rohasih Siti Karminah, 085060084 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK MATERI SIFAT BENDA MELALUI OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEKNIK DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDI/MI Al-Muawanah Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
JUDUL DAN PENGESAHAN.doc

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III HALAMAN TENGAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB V HAL. TENGAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Ini terjadi karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Akibatnya siswa pasif, karena proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan siswa, sehingga hasil belajar rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang sifat benda padat, cair dan gas dengan menggunakan penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik demonstrasi. Berdasarkan latar belakang diatas muncullah permasalahan yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang sifat benda khususnya sifat benda padat, cair dan gas di SDI/MI Al-Muawanah Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SDI/MI Al-Muawanah Mulyajaya melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data-data penelitian dikumpulkan melalui instrumen observasi dan tes dilakukan 3 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan yang berarti baik hasil belajar siswa, pengalaman berdemonstrasi maupun perilaku sosial. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDI/MI Al-Muawanah Mulyajaya terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap sosial dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 59,61 dengan persentase siswa yang mencapai KKM 30,76%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 70,38 dengan persentase siswa yang mencapai KKM 61,53%, dan pada siklus III nilai rata-rata 90,38 dengan persentase siswa yang mencapai KKM 92,30%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching teknik demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Oct 2016 17:17
Last Modified: 22 Oct 2016 17:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item