CITRA RESTIA FAUZIAH, 125060306 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II2d.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik pada Subtema Makananku Sehat dan Bergizi yang pencapaiannya hanya 35% peserta didik yang tuntas memenuhi nilai KKM. Selain itu pendidik masih menggunakan metode atau model pembelajaran yang bersifat teacher centered, yaitu model ceramah.Pelaksanaan yang dilakukan peneiti yaitu dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pembelajaran.Model Pembelajaran yang digunakan peneliti yaitu inkuiri terbimbing, pengertian dari inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan melakukan penyelidikan dan pemecahan masalah secara mandiri namum tetap dengan bimbingan pendidik agar peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep pelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswakelas IV D SDN Leuwipanjang dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Instrument pembelajaran yang digunakan adalah berupa tes, lembar observasi (observasi pendidik dan observasi peserta didik), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan lembar angket. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukan dengan perencanaan setiap siklusnya yang mengalami perbaikan berdasarkan hasil refleksi di siklus sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dilihat dari aktivitas pendidik dan peserta didik pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Pencapaian hasil belajar afektif mencapai 44% pada siklus II mencapai 80% dan kognitif peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 35% Siklus II ketuntasan 80%. Adapun hasil belajar psikomotor peserta didik di siklus I mencapai ketuntasan 36%. Siklus II mencapai mencapai ketuntasan 88%. Ambatan yang dilami oleh peneiti yaitu alokasi waktu dan pengelolaan kelas, Upaya yang dilakukan peneliti adalah mengatur pelaksannaan pembelajaran sesuai dengan rencana yang kita persiapkan dengan baik dan mengatur suasana kelas dengan menyenangkan yaitu membuat media pembelajaran yang baik sehingga daapat menarik minat belajar peserta didik. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, rasa ingin tahu, hasil belajar peserta didik, hambatan pelaksanaan, upaya peningkatan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 17:48 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 17:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11506 |
Actions (login required)
View Item |