PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Materi Pokok Perpajakan Kelas XI IPS SMA Al Falah Bandung )

SUSI SUSANTI, 125020075 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Materi Pokok Perpajakan Kelas XI IPS SMA Al Falah Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK bhsa inggris.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I yg sudah direvisi.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Materi Pokok Perpajakan kelas XI IPS 1 di SMA Al Falah Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing pada materi pembelajaran ekonomi sub materi pokok perpajakan kelas XI IPS SMA Al Falah Bandung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa pada materi pembelajaran ekonomi sub materi pokok perpajakan kelas XI IPS SMA Al Falah Bandung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunkaan yaitu angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Objek penelitian yaitu kelas XI IPS 1 di SMA Al Falah Bandung. Dengan jumlah peserta didik 24 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar sebesar 0,745 itu berarti korelasi tersebut cukup kuat, regresi linear sederhana sebesar Y = 8,374 + 0,615 X, dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 55,5%. Hasil perhitungan rata-rata butir angket pada variabel X yaitu sebesar 78,4% yang menunjukan siswa setuju bahwa metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata tiap butir angket pada variabel Y sebesar 74,5% yang menunjukan bahwa siswa setuju faktor lain yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran snowball throwing adalah alternatif metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berfikir kritis dan berbasis pemahaman bukan penghafalan. Kata kunci: Metode Snowball Throwing, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:05
Last Modified: 05 Sep 2016 17:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item