P ENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV ( Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Koperasi di Kelas IV SD Negeri Jatiroke II Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang )

TAUPIK AKBAR, 125060131 (2016) P ENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV ( Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Koperasi di Kelas IV SD Negeri Jatiroke II Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ( Taupik Akbar ).pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA ( Taupik Akbar ).pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS ( Taupik Akbar ).pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ( TAUPIK AKBAR).docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningk atkan motivasi dan p restasi belajar siswa dalam pembelajaran IP S materi koperasi pad a siswa kelas IV SD N egeri Jatiroke II Kabupaten Sumedang dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL ). Model CTL ini lebih menekankan kepada “ real word learning ”, sehingga memudah kan siswa untuk meningkatkan motivasi dan prestasi dalam pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD N egeri Jatiroke II Kabupaten Sumedang . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus , setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan . Subjek penelitian sebany ak 37 orang yang terdiri dari 17 siswa laki - laki dan 2 0 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sa ngat baik untuk motivasi dan prestasi , dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 75. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 motivasi siswa mencapai 72,06 % dan p ada siklus I I mengalami peningkatan yaitu seb anyak 87,33 % . Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentas e siswa yang tuntas prestasi sebesar 69,35 % dan p ada siklus II men g alami peningkatan sebanyak 88,88 %. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunju kkan hasil yang p ositif terhadap pembelajaran IPS pada materi koperasi dengan menerapkan model CTL, karena penggunaan model ini menitikberatkan kepada keaktifan siswa ( student centered ) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran, selain itu dalam pembelajarannya model ini selalu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari - hari siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CT L dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IP S materi k operasi di kelas IV S D Negeri Jatiroke II Kabupaten Sumedang . Kata Kunci: M odel CTL , Motivasi dan Prestasi belajar, P embelajaran IPS .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:28
Last Modified: 05 Sep 2016 14:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11398

Actions (login required)

View Item View Item