EGI ADHA JUNIAWAN, 1 2 50500 5 2 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SM A. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.pdf Download (58kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (313kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang didalamnya memuat fakta, operasi, konsep dan prinsip. Sehingga untuk mempelajari matematika dibutuhkan kemampuan pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini dibuktikan masih banyaknya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mengakomodasi kemampuan pemahaman konsep matematika adalah model pembelajaran matematika knisley . Tujuan penelitian ini adalah 1) u ntuk m engetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ; 2) u ntuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran matematika knisley ; 3) u ntuk mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan sikap siswa . Penelitian ini menggunakan metode eksperi men. Populasi penelitian ini adalah semua siswa semua siswa Kelas X SM A Nusantara Bandung tahun ajaran 2015/2016 dan sampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan pem ahaman konsep matemati ka dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan uji statistik dengan menggunakan program SPSS 18 for windows . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) k emampuan pemahaman konsep matemati ka siswa yang mendapatkan model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional ; 2) s iswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran matema tika knisley ; 3) t erdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matemati ka dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran matematika knisley . Kata kunci : Pembelajaran Matematika Knisley , Pe mahaman Konsep Matemati ka .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:39 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11208 |
Actions (login required)
View Item |