PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ISNAENI FAZRIA, 125050099 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi, tabel & grafik, lampiran.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jen jang pendidikan. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika . Namun kemampuan berpikir kritis mate matis siswa ternyata masih rendah . Hal tersebut disebabkan karena guru jarang melatih kemampuan berpikir kritis mat ematis siswa saat proses pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikiri kritis matematis siswa adalah model pembelajaran Everyone is Teacher Here . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SM K N 4 Bandung tahun ajaran 2015/2016 . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SM KN 4 Bandung sebanyak dua kelas yang d ipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penel itian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kritis matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Everyone is Teacher Here , dan berpikir kritis matematis. Tes diujicobaka n terlebih dahulu d i kelas X I TKJ 1 . Berdasarkan analisis hasil uji coba , semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data dil akukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berda sarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpu lan: kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran E dutainm e n t dengan pendekatan SAVI lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional : 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK yang memperoleh pembelajaran Everyone is Teacher Here lebih baik dari pada siswa SMK yang memperoleh pembelajaran biasa ; 2) Siswa SMK bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang memperoleh model pemb elajaran Everyone is Teacher Here ; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan sikap siswa SMK. Oleh karena itu model pembelajaran Everyone is Teacher Here dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Berpikir Kritis Matematis , Model Pembelajaran Everyone is Teacher Here

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:37
Last Modified: 05 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item