FUNGSI PEMASARAN RELASIONAL DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG PEMBANTU CIJERAH Studi Deskriptif Analisis Mengenai Fungsi Pemasaran Relasional dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Cijerah

Rizki Agustian, 122050039 (2016) FUNGSI PEMASARAN RELASIONAL DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG PEMBANTU CIJERAH Studi Deskriptif Analisis Mengenai Fungsi Pemasaran Relasional dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Cijerah. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER PEMASARAN RELASIONAL.docx

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. BAB I LATAR BELAKANG.docx

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INGGIS.docx

Download (16kB)
[img] Text
2. BAB II LANDASAN TEORI.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fungsi Pemasaran Relasional dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Cijerah”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fungsi pemasaran relasional yang ditinjau dari horizon/orientasi jangka panjang, komitmen dan pemenuhan janji, mempertahankan pelanggan, mengutamakan peningkatan konstribusi pelanggan, adanya interaksi dua arah, dan penyesuaian dengan tuntutan pelanggan dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini berdasarkan kepada persuasion theory. Teori ini merupakan usaha mengubah sikap melalui penggunaan pesan, berfokus terutama pada karakteristik komunikator dan pendengar. Dalam mengubah sikap nasabah tersebut dibutuhkan pemasaran relasional sehingga dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana metode ini merupakan suatu penelitian yang menggambarkan suatu karakteristik objek yang diteliti seperti individu, status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi dan merupakan bentuk studi pendekatan dari deskriptif analisis karena peneliti tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis ataupun membuat prediksi tertentu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling non-probability dengan penarikan sampel secara teknik aksidental. Pengumpulan data diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan penyebaran angket kepada nasabah. analisis data dilakukan dengan cara memproses data yang didapat dari hasil survey melalui observasi, wawancara dan dengan cara analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran relasional yang dilakukan oleh Bank Tabungan Negara KCP Cijerah dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Dimana pemasaran relasional sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang menjadi hambatan sehingga fungsi pemasaran relasional dalam meningkatkan loyalitas nasabah terhambat dan kurang efektif. Saran yang peneliti ingin rekomendasikan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi dalam kegiatan pemasaran relasional yaitu, mengadakan pelatihan tentang pemasaran relasional, fasilitas oprasional kendaraan sebaiknya ditambah, dan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada karyawan. Kata kunci : pemasaran relasional dan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:35
Last Modified: 03 Sep 2016 14:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item