PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

TATI HARYATI, 125050042 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER a.pdf

Download (57kB)
[img] Text
(2) ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
(3) DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disebutkan bahwa kemampuan p emecahan masalah merupakan bagian yang penting dari pembelajaran. Akan tetapi pada kenyataannya masih kita jumpai siswa yang kemamp uan pemecahan masalah matematis nya renda h, hal ini boleh jadi ada kaita nnya dengan pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mat ematis siswa adalah model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitia n ini adalah semua siswa SMA PGRI 1 Subang tahun ajaran 201 5 - 201 6 . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Subang sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem solving (TAPPS) , dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu di k elas XI IPA. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 22 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang mendapatkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih tinggi daripada siswa SMA yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ; siswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dapat dija dikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan menciptakan sikap yang positif dalam pembelajaran matematika Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item