No Daftar : MAT. 2016.1 049. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROU P DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA SMA

DENI ABDUL GANI, 125050046 (2016) No Daftar : MAT. 2016.1 049. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROU P DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap matematika pada saat ini masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar yang diterapkan oleh sebagian lembaga pendidikan di Indonesia masih berpusat pada guru dan tidak melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Situasi yang menyenangkan merupakan salah satu aspek penting guna meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. H al tersebut, pada setiap proses mengajar matematika diupayakan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Buzz Group lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Pasundan 1 Cimahi sebanyak 2 kelas secara tidak acak. Kelas eksperimen adalah XI IPA - 2 sedangkan kelas kontrol adalah XI IPA - 1 . Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian dan skala sikap. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan siswa m engenai pembelajaran matematika, pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Buzz Group , dan kemempuan pemahaman matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu terhadap 34 siswa kelas XI IIK - B di MAN 1 Bandung. Hasilnya sebagai berikut: (1) Kemampuan pe mahaman matematis siswa SMA yang memperoleh metode pembelajaran Buzz Group lebih baik daripada siswa yang memperoleh metode pembelajaran Konvensional. (2) Siswa ber sikap positif terhadap penggunaan metode pembelajaran Buzz Grou p . (3) Tidak t erdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan sikap siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Metode Pembelajaran Buzz Group .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item