PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

DIAH PERTIWI, 125050007 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CoverSkripsi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK dalam bahasa inggris.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Diah Pertiwi (2016). “ Pengaruh Penggunaan Model Stud ent Facilitator and Ex plaining dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ” Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memilik i peranan sangat penting dalam kehidupan masyarakat . Untuk meningka tkan pengetahuan pada matematis , maka perlu adanya kemampuan matematis terutama kemampuan komunikasi matematis. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi matematis pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara yang diperlukan yaitu adanya perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) M engetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model Student Facilitator and Explaining leb ih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran k onvensional , 2) M engetahui bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran Student Facilitator and Explaining , 3) M engetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan sikap si swa yang mendapat model pembelajaran Student Facilitator and Explaining . Penelitian ini mengg unakan m etode Eksperimen. P opulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Cim ahi tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitiannya adalah siswa yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan VIIF sebagai kelas kontrol yang di ambil s ecara acak . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk soal uraian seb anyak 6 soal, serta skala sikap . Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik parametrik yang terdiri dari uji normalitas , uji homogenitas dua varians, dan uji kesamaan dua rerata. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Kemampuan kom unikasi matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran Konvensional , (2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunak an model model Student Facilitator and Explaining , (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa yang mendapat model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, model Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item