PEMBELAJARAN M ENGONVERSI TEKS EKSPLANASI KE DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI BERDASARKAN FENOMENA LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALOGY AND CASE STUDY PADA SISWA KELAS XI SM K NEGERI 1 5 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201

TRI ISTOFAINA, 125030060 (2016) PEMBELAJARAN M ENGONVERSI TEKS EKSPLANASI KE DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI BERDASARKAN FENOMENA LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALOGY AND CASE STUDY PADA SISWA KELAS XI SM K NEGERI 1 5 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

i ABSTRAK Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir. Juga dapat menolong kita berpikir secara kritis. Juga dapat memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan - hubungan, memperdalam daya tanggap atau persepsi kita, memecahkan masalah - masalah yang kita hadapi, menyusun urut - an bagi pengalaman. Tulisan dapat membantu kita menjelaskan pikiran - pikiran kita. T eks eksplanasi yakni teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu (secara lengkap). Sal ah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi adalah metode Analogy and Case Study . Metode ini merupakan strategi untuk mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan kemudian menuliskan s uatu topik tertentu . Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pem - belajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan menggunakan metode Analogy and Case Study pada siswa kelas XI SMKN 15 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke - mampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan menggunakan metode Analogy and Case St udy , untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI dalam mengonversi teks eksplanasi ke bentuk lain , dan untuk menguji keefektifan metode Analogy and Case Study dalam pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi . Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eks - perimen semu dan metode penelitian deskriptik analitik dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai beri kut. 1. Penulis mampu melaksanakan, merencanakan, dan menilai pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan menggunakan metode Analogy and Case Study pada siswa kelas XI PS 2 SMKN 15 Bandung. Ha l tersebut terbukti dari perolehan nilai rata - rata penulis yang diberikan guru Bahasa Indonesia SMKN 15 Bandung, yaitu 3,8. Nilai tersebut terma suk kategori baik sekali. 2. Siswa kelas XI PS 2 SM KN 15 Bandung mampu mengonversi teks eskplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan menggunakan metode Analogy and Case Study . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari nilai pretes yakni 83,9 ≥ 50,6 3. Metode Analogy and Case Study efektif digun akan dalam pembelajaran mengonversi teks eskplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pretes dan postes, yaitu t sebesar 8,76 dan t tabel pada tingkat keperca yaan 95% sebesar 2,07 artinya t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan fakta - fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode Analogy and Case Study terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks eskplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan . Dapat melatih kemampuan belajar siswa untuk hasil yang lebih baik dan membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Kata kunci: Menulis, teks eksplanasi , Analogy and Case Study

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:04
Last Modified: 03 Sep 2016 15:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item