PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERORIENTASIKAN BENTUK ADEGAN DAN LATAR MENGGUNAKAN TEKNIK AMANAH, RAHMAH, TAADUBAH, DAN SILLAH (ARTS) PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

susilawati, 125030080 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERORIENTASIKAN BENTUK ADEGAN DAN LATAR MENGGUNAKAN TEKNIK AMANAH, RAHMAH, TAADUBAH, DAN SILLAH (ARTS) PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Menulis merupakan perantara antara pikiran dan buah pikiran yang menjadi komponen dalam berkomunikasi . N askah drama adalah karya sastra yang ditulis oleh penulis dengan maksud untuk pe mentasan sebuah drama . T eknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS ) disamakan dengan pendidikan karakter yang berbasis religi dengan tujuan agar siswa lebih nyaman dalam melakukan proses belajar. Berdasarkan hal tersebut, penulis te rtarik melakukan penelitian pem belajaran menulis naskah drama berorientasikan bentuk adegan dan latar menggunakan teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS) pada siswa kelas X I SMA Pasundan 2 Bandung. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi, kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama ber orientasikan bentuk adegan dan latar menggunakan teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS) . Selain itu, mengenai kemampuan siswa dalam menulis naskah drama serta kee fektifan teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS) dalam pembel ajaran menulis . Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu yang berjenis one - group prates t - posttest design dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi , tes dan analisis. Adapun hasil penelitian tersebu t sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama berorien - tasikan bentuk adegan dan latar menggunakan teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS) pada siswa k elas XI SMA Pasundan 2 Bandung tahun p elajaran 2015/2016. Hal tersebut dibuktikan dengan rata - rata nilai perencanaan sebesar 3,8 dan rata - rata nilai pelaksanaan pembelajaran 3,75. Jika dikumulatifkan nilai rata - rata yang diberikan oleh Guru Bahasa Indonesia SMA Pasundan 2 Bandung pada penulis sebesar 3,775. Nilai tersebut termasuk kategori baik sekali. 2. Siswa kelas X I I PA 1 SMA Pasundan 2 Bandung mampu menulis naskah drama berorientasikan bentuk adegan dan latar . Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata prates yaitu 53,33 dan nilai rata - rat a pascates sebesar 66,24. Jadi, s elisih nilai rata - rata prates dan pascates meningkat sebesar 12,91 . 3. Teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS ) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama berorientasikan bentuk adegan dan latar . Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statist ik dan taraf signifikansi hasil prates dan pascates, yaitu t hitung sebesar 6,24 dan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,086 artinya t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan pembahasan di atas , penulis menyimpulkan bahwa peng - gunaan Teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah (ARTS ) terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama serta d apat melatih kemampuan belajar siswa untuk hasil yang lebih baik dan membuat siswa lebih a ktif dalam belajar. K ata kunci: pembelajaran, menulis, naskah drama, adegan, latar , teknik Amanah, Rahmah, Taadubah, dan Sillah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:04
Last Modified: 03 Sep 2016 15:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10150

Actions (login required)

View Item View Item