PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP

WULAN PURNAMASARI, 125050013 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Wulan Purnamasari (2016). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP” Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematik terutam a kemampuan pemahaman matematik. Dalam hal ini, kemampuan pemahaman matematik pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan adanya pe rubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk m enget ahui apakah kemampuan pemahaman matematik siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran b iasa . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif ( m etode Eksperimen ) . P opulasi dalam penelitian ini a dalah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas V II SMP Pasundan 4 Bandung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB s ebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol yang di ambil secara acak . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematik yang berbentuk uraian sebanyak 7 soal , serta skala sikap . Data dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23.0 for W indows . Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Kemampuan pemahaman matematik siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran b iasa , (2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw . Kata Kunci: Kemampuan pemahaman matematik , model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:04
Last Modified: 03 Sep 2016 15:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item