ROHIM,IHSAN SAEFUL, 215060041 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment di SDN Sukanagara 01 Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SDN Sukanagara 01, di mana 51,86% peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada materi pecahan. Permasalahan utama meliputi kesulitan peserta didik dalam memahami konsep pecahan, rendahnya motivasi belajar, dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Rumusan masalah meliputi: (1) bagaimana gambaran proses pembelajaran dengan model PBL berbantuan video animasi, (2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, (3) seberapa besar peningkatan hasil belajar, dan (4) seberapa besar efektivitas model PBL berbantuan video animasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe nonequivalent control group design pada 54 peserta didik kelas IV yang dibagi menjadi kelas eksperimen (27 siswa) dan kelas kontrol (27 siswa). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika materi pecahan yang telah divalidasi dengan reliabilitas 0,858 (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi model PBL berbantuan video animasi berjalan sangat baik dengan rata-rata aktivitas guru 86,325% dan peserta didik 88,15%; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan (p=0,001<0,05) dengan rata-rata kelas eksperimen 82,41 dan kelas kontrol 49,26; (3) peningkatan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 74,91% (kategori tinggi) sedangkan kelas kontrol hanya 23,19% (kategori rendah); (4) efektivitas model PBL berbantuan video animasi tergolong sangat tinggi dengan effect size 3,901 (kategori besar). Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan video animasi efektif meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar, Pecahan
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2026 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:33 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:33 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/82005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
