Tediana Sundaya, Genta (2025) Implementing Canva-Based Problem Based Learning to Enhance Students’ Critical Thinking and Mathematical Problem-Solving Abilities through Pancawaluya Character Development. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
Jurnal Genta Tediana Sundaya MPM 228060021.docx Download (1MB) |
|
|
Text
Abstrak Genta Tediana Sundaya 228060021.docx Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Canva dalam pembelajaran matematika serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan penguatan nilai-nilai karakter Pancawaluyu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan membandingkan kelas yang memperoleh pembelajaran PBL berbasis Canva dengan kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis Canva berjalan sangat efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menarik melalui visualisasi konsep matematika yang lebih konkret dan komunikatif. Penerapan PBL menjadikan guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa mengonstruksi pengetahuan secara mandiri melalui tahapan pemecahan masalah sehingga suasana belajar menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan sesuai prinsip mindful, meaningful, dan joyful learning. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang ditandai dengan kemampuan lebih baik dalam melakukan analisis, sintesis, dan evaluasi terhadap persoalan matematika. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat melalui kemampuan memahami masalah, merumuskan strategi penyelesaian, serta menyajikan solusi secara kreatif dan komunikatif dengan bantuan visualisasi dari Canva. Selain itu, integrasi nilai-nilai karakter Pancawaluyu—Cageur, Bageur, Bener, Pinter, dan Singer—tampak berkembang secara alami selama proses pembelajaran melalui sikap kerja sama, tanggung jawab, kejujuran, ketekunan, dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kontekstual. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL berbasis Canva tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga memperkuat karakter, sehingga layak menjadi alternatif model pembelajaran inovatif dalam pendidikan matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, Canva, berpikir kritis, pemecahan masalah matematis, Pancawaluyu.
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Subjects: | RESEARCH REPORT |
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:36 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:40 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
