RIANA SALMA, 215050017 (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebh tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) mengetahui self-confidence siswa yang menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa terhadap penerapan model problem-based learning berbantuan wordwall. (4) mengetahui efektivitas belajar menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas VII MTs Riyadlul Huda ditetapkan sebagai populasi dalam penelitian dengan sampel terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket selfconfidence yang telah di uji coba dan dinyatakan valid untuk digunakan dalam penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS 27 for Windows. Simpulan penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebh tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) self-confidence siswa yang menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall. (4) model problem-based learning berbantuan wordwall efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis, SelfConfidece, Wordwall
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 04:11 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 04:11 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
