PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

RIANA SALMA, 215050017 (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebh tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) mengetahui self-confidence siswa yang menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa terhadap penerapan model problem-based learning berbantuan wordwall. (4) mengetahui efektivitas belajar menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas VII MTs Riyadlul Huda ditetapkan sebagai populasi dalam penelitian dengan sampel terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket selfconfidence yang telah di uji coba dan dinyatakan valid untuk digunakan dalam penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS 27 for Windows. Simpulan penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall lebh tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) self-confidence siswa yang menggunakan model problem-based learning berbantuan wordwall lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan wordwall. (4) model problem-based learning berbantuan wordwall efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis, SelfConfidece, Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:11
Last Modified: 08 Dec 2025 04:11
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81923

Actions (login required)

View Item View Item