PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Setia Hevi Agnes, 205060021 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa di kelas IV SDN 221 Babakan Sentral. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot dengan pembelajaran yang menggunakan model Direct Instructional, (2) perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning beerbantuan Kahoot dan siswa yang menggunakan model Direct Instructional, (3) besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot, (4) dan pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di salah satu SD di kota Bandung. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, Mann-Whitney, gain ternormalisasi, dan effect size. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot berjalan lancar dan baik, terdapat peningkatan pada aktivitas pendidik dan siswa di setiap pertemuan. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot dengan siswa yang menggunakan model Direct Instructional, yaitu diperoleh data hasil pretest kelas IV C sebesar 56,30 dan untuk kelas IV D sebesar 52,31. Sedangkan setelah siswa diberikan posttest, data hasil yang ditemukan di kelas IV C memiliki rata-rata 84,44 dan kelas IV D sebesar 70,38. Terdapat peningkatan hasil belajar pretest dan posttest pada kelas yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot sebesar 0,6918 dalam uji gain ternormalisasi dengan kategori sedang. Terdapat pula pengaruh pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Kahoot dengan nilai 1,637 dalam uji Effect Size dengan kategori besar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kahoot, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:29
Last Modified: 05 Dec 2025 06:29
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81918

Actions (login required)

View Item View Item