PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI JELEGONG 02

AULIA SITI RAHMA SUCI, 205060022 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI JELEGONG 02. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada peserta didik di kelas IV SDN Jelgong 02. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model problem based learning berbantuan video pembelajaran di kelas IV SDN Jelegong 02, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa di kelas IV SDN Jelegong 02, (3) besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Jelegong 02. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran berjalan baik dan meningkatkan aktivitas peserta didik di setiap pertemuan. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 43,02 dan meningkat menjadi 80,04 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 36,00 menjadi 64,00. Hasil uji effect size sebesar 1,131 termasuk kategori efek besar, yang menunjukkan bahwa model PBL berbantuan video pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:39
Last Modified: 05 Dec 2025 06:39
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81919

Actions (login required)

View Item View Item