125060204, Anita Agrianty (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.doc Download (60kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (27kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (12kB) |
|
Text
Daftar Isi.doc Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (75kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Keberhasilan suatu pendidikan dapat terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model mengajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu model mengajar yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data tentang: 1) Cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Cimincrang, 2) Pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Cimincrang, dan 3) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Cimincrang dalam mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 17:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 17:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9913 |
Actions (login required)
View Item |