UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung)

125060204, Anita Agrianty (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.doc

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Isi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model mengajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu model mengajar yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data tentang: 1) Cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Cimincrang, 2) Pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Cimincrang, dan 3) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Cimincrang dalam mata pelajaran IPA materi Bumi dan Alam Semesta. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 01 Sep 2016 17:47
Last Modified: 01 Sep 2016 17:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item