PERILAKU BIROKRASI SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN DALAM KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN CIMAUNG KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus Pembuatan e-KTP)

ACHMAD NASHIR FIRDAUS, 122010111 (2016) PERILAKU BIROKRASI SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN DALAM KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN CIMAUNG KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus Pembuatan e-KTP). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar hubungan antara Perilaku Birokrasi dengan Kualitas Pelayanan di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Perilaku Birokrasi merupakan hasil interaksi antara individu-individu sebagai pendukung organisasi tersebut. Sedangkan Kualitas Pelayanan merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses. Yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan wawancara awal yang penulis lakukan dengan Camat Kantor Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, dimana masih kurangnya daya tanggap dalam kualitas pelayanan. Dimana penulis menemukan indikasi kualitas pelayanan yang belum prima karena kepemimpinan Camat selaku birokrat masih belum optimal. Dilihat dari karakteristik-karakteristik perilaku birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan penyebaran angket. Adapun dalam penentuan sampel penulis menggunakan random sampling, selanjutnya untuk menganalisis penulis menggunakan skala Likert’s dan untuk menentukan hasil akhir menggunakan teknik analisis data yaitu teknik korelasi rank spearman. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan adanya tingkat hubungan yang cukup erat antara perilaku birokrasi dengan kualitas pelayanan pada Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung sesuai dengan karakteristik-karakteristik perilaku birokrasi dan aspek-aspek kualitas pelayanan. Dari hasil skor pengumpulan data perilaku birokrasi dan kualitas pelayanan menunjukan 0,830. Menurut Sugiyono terdapat tingkat hubungan yang kuat, karena angka tersebut berada diantara 0.80 – 1.00. Hal ini menyatakan terdapat hubungan yang kuat atau erat antara perilaku birokrasi dengan kualitas pelayanan di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut : pimpinan harus melakukan evaluasi lanjutan terhadap hasil kerja pegawai, pimpinan harus turun ke bawah dan melihat aktivitas pegawainya dalam melakukan pelayanan dan pimpinan harus memperhatikan sikap para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 01 Sep 2016 15:54
Last Modified: 01 Sep 2016 15:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

View Item View Item